sms gateway menggunakan gammu

Assalamu'alaikum lur. bagai mana kabar hari ini? alhamdulillah.
mari belajar sama sama tentang sms gateway. 
ada yang bilang sms gateway itu sulit. tapi insya allah dengan melihat coretan saya kali ini akan lebih mudah untuk di pahami dan di mengerti. insya allah.
sebelumnya apa sih sms gateway itu? 
        Berbeda dengan aplikasi SMS Broadcast yang bersifat satu arah, SMS Gateway adalah jenis layanan dua arah, artinya selain dapat menerima pesan dari luar juga dapat mengirim balasan secara otomatis ke nomor tujuan. contohnya SMS Quis, SMS Polling dll. Secara sederhana cara kerja aplikasi SMS Gateway adalah pertama user akan mengirim SMS ke nomor SMS Gateway kita dengan format yang telah kita tentukan misalnya “Maxi<spasi>Buku” atau RAMAL kirim ke xxxx. Isi pesan yang masuk akan diseleksi, bila formatnya benar maka pengirim akan menerima balasan secara otomatis misalnya “Terima kasih telah menghubungi kami” pun bila formatnya salah pengirim tetap akan mendapat balasan yang menginformasi bahwa format yang dikirimkan salah. (Ariza Novianti, Ami Fauzijah, 2009).
       Tapi dalam coretan ini belum ada cara untuk membuat sms auto replynya. insya allah kapan kapan saya share di blog ini juga.. pembuatan sms gateay kali ini saya menggunakan aplikasi Gammu Versi 1.29.0. sebenarnya ada versi terbaru dari gammu. tapi yang kita coba kali ini menggunaka versi 1.29.0. yang belum punya gammu siahkan donload di sini(free)

        Adapun peralatan perang yang di gunakan tidaklah banyak atara lain :
        1.komputer/laptop
        2.hp/modem
        3.simcart (as,xl,m3 dll)
        4.kopi satu gelas (not recomended)
        5.rokok(very not recomended)
        kesuen lah.. langsung saja donload modulnya neng kene

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More